Tahun 2018! Saatnya Menguasai Skill Desain Grafis - Hagung Putrasusila

Wednesday, January 24, 2018

Tahun 2018! Saatnya Menguasai Skill Desain Grafis



Tak terasa tahun 2018 telah hadir. Tahun dimana kompetisi akan lebih ketat, perkembangan teknologi juga semakin cepat, hingga tuntutan sebagai manusia modern semakin tinggi. Hal tersebut tentu bukan isapan jempol semata, penulis berkaca dari tahun 2017, dimana inovasi, ide, maupun gagasan baru dengan cepat bermunculan dari berbagai sektor. Hal tersebut tentunya memiliki dampak positif dan negatif, bagi mereka yang dapat mengikuti perkembangan zaman, tentu mereka akan dapat menikmatinya, namun bagi mereka yang tidak bisa mengikutinya, maka akan tertinggal dari yang lain.

Dengan perkembangan zaman yang cepat, penulis merasa bahwa memiliki resolusi untuk tahun berikutnya merupakan hal yang cukup penting, meskipun tidak wajib, adanya resolusi bisa menjadi motivasi untuk mewujudkan keinginan kita ditahun berikutnya. Namun, sebelum saya membagikan apa resolusi saya di tahun 2018, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu resolusi. Jadi, menurut kbbi, resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis. Namun dalam konteks yang akan saya bahas ini, resolusi juga bisa diartikan harapan, tekad dalam mencapai tujuan, cita-cita dan rencana yang akan dicapai.

Setelah kita mengetahui definisi dari resolusi, saatnya kita masuk ke topik utama. Sesuai judul diatas yaitu "Tahun 2018! Saatnya Menguasai Skill Desain Grafis" penulis merasa bahwa ditahun 2018, memiliki sebuah keahlian akan sangat penting bagi siapapun. Maka, saya memilih desain grafis sebagai salah satu hal yang ingin saya kuasai di tahun 2018. Mungkin beberapa dari kalian akan bertanya-tanya kenapa desain grafis menjadi pilihan penulis untuk dijadikan resolusi di tahun 2018?  Nah daripada makin penasaran dibawah ini saya ingin memberikan alasan kenapa desain grafis menjadi pilihan untuk saya jadikan resolusi di tahun 2018.

Oke, mari langsung saja kita menuju alasan yang pertama



1. Desain Grafis Dibutuhkan Dimana saja
Penulis menilai bahwa kebutuhan akan desain grafis sangat tinggi. Bisa kalian bayangkan, Dengan semakin ketatnya kompetisi di bidang industri maupun jasa saat ini, maka sangat sering kita melihat berbagai perusahaan mengeluarkan sebuah iklan atau promosi terhadap produk mereka. Bisa kalian bayangkan jika perusahaan tersebut sebuah iklan produk minuman misalnya, akan tetapi desain dari iklan tersebut tidak bagus, maka akan menurunkan citra dari produk tersebut. Sehingga tidak akan menarik perhatian calon konsumen. Itulah sebabnya jasa desainer sangat dibutuhkan di sini. Mereka dituntut untuk bisa mengkomunikasikan ide yang dimiliki agar maksud serta tujuan yang di inginkan klien bisa tercapai dan tentunya bisa menarik perhatian dari target audien atau target konsumen.

2. Potensi freelance yang tinggi
Menjadi seorang desainer grafis, membuat kamu bisa mendapatkan uang tanpa wajib terikat dengan suatu perusahaan. Kamu bisa menjadi bos atas dirimu sendiri, bahkan memungkinkan seluruh keuntungan menjadi milikmu semua. Enak kan?

3. Bisa melakukanya dimana saja
Masih berhubungan dengan poin 2, karena kamu tidak wajib untuk terikat dengan suatu perusahaan, maka kamu tidak perlu pergi ke kantor setiap hari dan melakukan aktivitas disana, Sebagai desainer grafis, kamu bisa bekerja dimanapun kamu suka, misalnya di rumah, taman, coffe shop, dan sebagainya. Tentunya dengan catatan jika kamu memang memutuskan menjadi freelancer dan tidak bergabung dengan perusahaan desain grafis.

4. Berpotensi repeat order
Karena menjadi desainer grafis adalah sebuah pelayanan jasa, maka jika kamu bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap klien, dan ditambah dengan penjualan yang bagus setelah menggunakan media promosi yang di kamu desain. Kemungkinan untuk mereka melakukan order kembali kepadamu terbuka lebar. Bahkan jika pertumbuhan perusahaan bagus, bisa saja dia berlangganan jasa desain grafis kepadamu.

5. Marketing yang cukup mudah
Sebagai desain grafis, kamu tidak perlu khawatir mengenai marketing. Di era digital seperti sekarang ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai teknologi untuk mempromosikan jasamu. Melalui media sosial misalnya. Atau website-website marketplace untuk freelance, atau berbagai website crowdsourcing. Dengan memajang portofolio mu disana, maka calon klien sudah bisa mengetahui 'keberadaanmu' dengan mudah.

Akhirnya, setelah saya membagikan resolusi utama saya di tahun 2018 ini, dan rekomendasi dari saya untuk mewujudkanya. Saya merasa artikel ini cukup sampai sekian. Sebelum saya menutup artikel ini, saya hanya ingin berpesan kepada kalian apapun resolusi kalian di tahun 2018. Jangan hanya jadikan resolusi tersebut sebagai pajangan atau mimpi, namun juga cobalah untuk mewujudkan resolusi tersbut. Hehehe, baik, terima kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa share ke teman-teman mu biar yang lainya juga merasakaan manfaat dari artikel ini. Terima kasih :)






1 comment: