SIBUKNYA MAHASISWA KUPU-KUPU - Hagung Putrasusila

Wednesday, August 23, 2017

SIBUKNYA MAHASISWA KUPU-KUPU


[Sebelum mulai membaca, pastikan kamu akan membaca semuanya sampai habis, sehingga tidak akan ada salah persepsi, selain itu saya sarankan untuk menyetel musik slow sambil membaca postingan ini, selain dapat meredam emosi (bagi kamu yang mudah emosi sebelum membaca sampai habis), musik slow juga bisa membuatmu betah membaca (bagi kamu yang mudah bosan dengan tulisan).]


Selamat datang mahasiswa baru, atau lama.. mungkin hal ini pantas diutarakan mengingat sudah mulainya semester baru di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Well, mungkin kalian pernah membaca di internet atau sosial media tentang tipe mahasiswa di kampus. Dan tipe yang ideal bagi seorang mahasiswa. Jika belum, saya akan menjelaskanya secara singkat, tentang apa itu Mahasiswa Kupu-kupu.

Dikutip dari IDNTIMES, terdapat 12 tipe mahasiswa berdasarkan aktivitasnya dikampus. Salah satunya adalah Mahasiswa kupu-kupu. Jadi Mahasiswa kupu-kupu adalah sebuah singkatan dari mahasiswa kuliah - pulang , kuliah - pulang. Yang artinya mahasiswa tersebut setelah kuliah hanya pualng, tidak pernah mengikuti sebuah organisasi, UKM dan lain-lain. (baca selengkapnya di Sini.)

Banyak orang dan berbagai situs mengatakan, mahasiswa kupu-kupu bukanlah seorang mahasiswa yang ideal. Mereka tidak akan mendapat pengalaman bekerja secara tim, tidak bisa memiliki kesempatan untuk apply beasiswa aktivis. CV nya tidak menarik. Kalau dia pintar di akademis sih masih mending, lha kalo cuman biasa-biasa, bisa-bisa habis kuliah ngannggur. Mungkin itu beberapa kalimat yang sering disematkan kepada mahasiswa kupu-kupu di berbagai belahan kampus di Indonesia.

Hal tersebut memang ada benarnya , karena berorganisasi atau mengikuti ukm sendiri memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kita sebagai mahasiswa. Untuk manfaat lengkapnya sendiri bisa kalian baca di sini Manfaat mengikuti organisasi di kampus

Oke kembali ke judul, yakni "Sibuknya Mahasiswa Kupu-kupu". Hehehe Mungkin banyak yang bertanya, apa sih sibuknya mahasiswa yang habis kuliah cuman pulang? paling cuman X, paling cuman Y, paling cuman Z.. ya kan?  :)


Namun Mari kita berfikir sejenak. Saya akan berikan beberapa cerita ilustrasi di bawah.
ps: Anggap setiap nomor berbeda orang.

1. Salah satu mahasiswa kupu-kupu itu ternyata selalu berlatih "bermain game", karena ia bercita-cita menjadi seorang pemain profesional. Ia terus bekerja keras tanpa henti mewujudkan cita-citanya. hingga suatu saat.. Cita-cita bisa terwujud. Mungkin ia ingin seperti 5 Pemain DOTA 2 Dengan Gaji Tertinggi Di Dunia. Berapa gajinya? cek saja sendiri. Kenapa saya bicara gaji? karena memang saat ini gaji sudah seperti menjadi takaran sebuah pekerjaan yang dimiliki seseorang. Ya kan?

2. Mahasiswa kupu-kupu itu ternyata selalu bekerja paruh waktu disamping jam kuliahnya. Dia telah berhasil mengapilkasikan ilmu yang dia terima dengan dunia sesungguhnya. Sedangkan yang lainya, masih berkutat di materi saja. Sebagai contoh, ia adalah seorang mahasiswa Pariwisata. dan ia telah berhasil untuk menjadi guide tour untuk seorang turis. Sehingga ia telah menghasilkan ratusan dollar dari ilmu yang ia dapat. Selain uang, karena si Mahasiswa kupu-kupu telah mengaplikasikan ilmu yang ia dapat, Itu berarti, ia telah berhasil membuktikan bahwa ilmu yang ia dapat di dalam kelas, bisa berguna, setidaknya untuk dirinya sendiri. Sedangkan yang lainya, jika disuruh untuk menjadi guide tour, apakah ada garansi 100% untuk bisa se- berhaisl si Mahasiswa kupu-kupu?

3. Bagaimana jika di dalam kamar kos, ternyata si mahasiswa kupu-kupu selalu menghabiskan seluruh hidupnya untuk menulis novel, Ia sangat berharap agar ia bisa menjadi seperti Tere liye, Raditya Dika, Andrea Hirata, dan beberapa nama beken lainya? Ia selalu berjuang keras untuk mewujudkan cita-cita agar bisa menulis novel best seller, sehinga mendapatkan komisi Ratusan Juta dari royalti buku yang telah ia tulis. Bisa diundang diberbagai stasiun TV untuk diwawancari. Amin, semoga cita-citanya tercapai.

Dan masih banyak lagi cerita ilustrasi yang bisa saya tulis, mungkin bisa puluhan nomor, capek ini tangan ngetiknya. Jadi segini saja ya. Ehehe.

 Oh iya di sini penulis tidak pernah berkata kalau menjadi mahasiswa aktif (diluar kelas) itu jelek, tidak. Coba cek di atas, apa ada kalimat saya mengatakan jangan menjadi mahasiswa yang aktif berorganisasi, mahasiswa yang aktif di organisasi itu jelek. (Penulis sendiri juga pernah aktif dan masih berada di beberapa organisasi)

Selain itu saya juga tidak mengatakan bahwa menjadi mahasiswa kupu-kupu itu sangat baik, sangat bagus.

Namun inti yang ingin penulis sampaikan pada postingan kali ini sebenarnya simpel. Yaitu Tolong, jangan mendiskreditkan seseorang karena ia memiliki jalan yang berbeda dari jalanmu.


Bagi yang memilih jalan sebagai mahasiswa kuliah-pulang, kuliah-pulang. Jangan men-judge mahasiswa yang aktif di organisasi atau ukm begini.

1. Halah si X ikut ukm B cuman agar deket sama si Y.
2. Halah si Z ikut organisasi A cuman pengen bagusin cv.
3. Halah si K ngapain ikutan organisasi, nilai jeblok baru tau rasa.
4. Halah si E ngga usah ikut organisasi deh, nilai lo udah pas-pasan nanti tambah jelek.

Sebaliknya, untuk yang aktif di organisasi, jangan men-judge mahasiswa yang kuliah-pulang begini.
1. Yaelah abis kuliah cuman pulang,  nggak seru banget hidup lo.
2. Ngapain si di kosan? nggak bosen lo?
3. Nanti lulus mau ngapain dia ya abis kuliah cuma pulang? pengalaman aja nggak punya.
4.  Kasian orang tua yang udah bayarin mahal-mahal abis kuliah langsung pulang dia.

Akhir kata, menghargai orang lain yang berbeda jalan denganmu itu indah! Jadikan perbedaan jalan tersebut sebagai anugerah dari Yang Maha Kuasa, sebagai semacam kado bagi keberagaman manusia sebagai pemimpin bumi ini.

6 comments:

  1. Nah, kalo gw namanya Mahasiswa apa gan?! suka ikut organisasi, tapi selalu pulang kerumah tiap kuliah selesai, maklum rumah deket..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud dari kata "pulang" di sini lebih ke setelah kuliah tidak pernah ada kegiatan lain, Jadi menurut saya kamu adalah Mahasiswa Organisasi, hehe

      Delete
  2. Bener banget gan.. Jangan anggap sebelah Mata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali karena semua jalan pasti ada plus minusnya

      Delete
  3. Mahasiswa kupu-kupu , hehehehe sering dengar dikampus...

    ReplyDelete